Teknologi Hasil Perikanan

  1. Visi Program Studi THP

Pada tahun 2030 menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian dibidang teknologi hasil perikanan berbasis sumberdaya perairan laut tropis yang unggul di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

  1. Misi Program Studi THP
  2. Membangun sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan berstandar nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai bahkan melampaui standar nasional pendidikan tinggi.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan standar mutu lulusan yang dapat bersaing secara global.
  5. Mengembangkan ilmu dan teknologi hasil perikanan melalui penyelenggaraan riset dan publikasi pada jurnal bertaraf nasional dan internasional.
  6. Menyebarluaskan ilmu dan teknologi hasil perikanan melalui penerapan teknologi kepada masyarakan dan dunia industri.
  7. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam rangka penggalian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu dan teknologi hasil perikanan khususnya di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

  1. Motto Program Studi THP

“Berdaya saing melalui kreativitas, inovasi, dan kolaborasi”

  1. Tujuan Program Studi THP
  2. Membentuk tenaga pendidik dan staf kependidikan yang berkualitas.
  3. Menciptakan proses dan suasana akademik yang berkualitas.
  4. Membentuk lulusan yang dapat bersaing secara regional, nasional, maupun internasional serta memiliki kompetensi bidang ilmu dan teknologi hasil perikanan.
  5. Menghasilkan riset berskala nasional dan internasional serta terpublikasi melalui jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi.
  6. Mendorong peningkatan inovasi teknologi hasil perikanan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.
  7. Berkerjasama dengan berbagai stakeholder dalam rangka mempercepat peningkatan mutu kelembagaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang berkelanjutan.

  1. Prospek Karier di Program Studi THP

Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan diharapkan menjadi seorang sarjana yang memiliki prospek karier sebagai berikut:

  1. Entrepreneur

Lulusan dari Teknologi Hasil Perikanan mampu melihat peluang, membuat produk, dan memanajemen sistem pemasaran dibidang hasilperikanan.

  1. Penyuluh Perikanan

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dalam memberikan informasi terkait bidang hasil perikanan kepada pelaku utama dan pelaku usaha perikanan.

  1. Quality Control

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan dapat menjamin produk yang dihasilkan berkualitas baik, memverifikasi kualitas produk, memonitor setiap proses dalam pengolahan produk, dan memastikan produk dari standar perusahaan memenuhi standar mutu yang ada, khususnya Quality Control pada pengolahan dan pengemasan hasil perikanan.

  1. Supervisior

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mandiri dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan, mampu mengarahkan setiap pekerja/bawahan, merencanakan kegiatan, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengontrol,dan memastikan setiap pekerja terlibat dalam setiap kegiatan dibidang pengolahan hasil perikanan.

  1. Research and Development (RND)

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mampu melakukan riset dan formulasi terhadap hasil perikanan, terampil dalam mendesain serta melakukan pengembangan terhadap teknologi untuk peningkatan kualitas produk.