EMPAT TAHUN MENJADI PTN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN RAIH AKREDITASI INSTITUSI PERINGKAT B DAN IJIN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAGISTER (S2) ILMU HUKUM

Universitas-Borneo-Tarakan-LogoUniversitas Borneo Tarakan (UBT) kini memasuki tahun ke empat setelah penegeriannya. Di usianya yang relatif masih muda, terbukti Civitas Akademika UBT mampu meningkatkan kualitas institusi ini, antara lain ditunjukkan dengan raihan akreditasi institusi peringkat B (SK No. 231/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014). Peringkat yang diraih UBT tersebut menyamai peringkat akreditasi universitas-universitas terkemuka lain yang sudah lebih lama keberadaannya, seperti misalnya Universitas Lambung Mangkurat (peringkat B), Universitas Mulawarman (peringkat B), Universitas Brawijaya (peringkat B), Universitas Negeri Malang (peringkat B), dll. Apa yang diraih Civitas Akademika UBT patut diapresiasi, karena dari 3 178 perguruan tinggi (PTN dan PTS) yang ada di Indonesia, pada tahun 2014 hanya 107 perguruan tinggi yang telah terakreditasi institusinya.

Peringkat akreditasi yang dicapai penting artinya bagi UBT, karena dengan hasil yang dicapai tersebut bermakna bahwa UBT memiliki komitmen terhadap peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Seperti diketahui tujuan dan manfaat dari akreditasi intitusi Perguruan Tinggi adalah (1) Memberikan jaminan bahwa institusi Perguruan Tinggi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan pemerintah, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar; (2) Mendorong Perguruan Tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi; dan (3) Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Terkait dengan akreditasi sebagai bahan pertimbangan dan pengakuan institusi lain, dapat dicontohkan giatnya pemerintah melakukan reformasi birokrasi pemerintahan. Sebagai salah satu konsekuensinya, dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) misalnya, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menerapkan aturan bahwa pendaftar CPNS harus berasal dari (lulusan) Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal dengan peringkat B. Bahkan pada bidang-bidang tertentu ditetapkan pelamar harus berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A, contohnya Kementerian Luar Negeri dan Keuangan. Dengan capaian peringkat akreditasi institusi UBT, dapat dikatakan bahwa saat ini UBT telah mampu memberikan peluang untuk meraih kesempatan yang lebih baik kepada lulusannya.

Menyambut hasil akreditasi institusi UBT, Rektor UBT Dr. Bambang Widigdo merasa bersyukur serta menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada semua pihak yang telah bahu-membahu mewujudkan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di UBT, juga bahu-membahu dalam penyiapan dan pelaksanaan proses akreditasi. Proses akreditasi melibatkan penyiapan dokumen akreditasi yang cukup banyak, dikerjakan oleh pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan. Setelah dokumen dievaluasi oleh asesor BAN-PT, asesor BAN-PT melakukan kunjungan verifikasi ke UBT. Dalam kunjungan verifikasi tersebut asesor bertemu dan melakukan tanya jawab dengan seluruh komponen perguruan tinggi (pimpinan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni), juga dengan pengguna lulusan dan mitra kerjasama UBT. Selain itu asesor juga meninjau hampir seluruh sarana dan prasarana kampus.

Selain akreditasi, hal penting lain yang diraih oleh UBT adalah telah diperolehnya Keputusan Mendikbud Nomor 152/E/O/2014 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum Program Magister (S2) di UBT. Hal ini berarti perwujudan cita-cita UBT untuk semakin meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi mengalami peningkatan. Pada saat ini angkatan pertama mahasiswa program magister Ilmu Hukum UBT tengah menjalani pendidikan di semester kedua. Penerimaan mahasiswa baru angkatan kedua akan segera diumumkan kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *